Berikut Fakta dan Rahasia Belanja Online yang Terkuak

Berikut Fakta dan Rahasia Belanja Online yang Terkuak

Berikut Fakta dan Rahasia Belanja Online yang Terkuak

Berikut Fakta dan Rahasia Belanja Online yang Terkuak – Belanja daring adalah kegiatan pembelian barang dan jasa melalui media Internet. Melalui belanja lewat Internet seorang pembeli bisa melihat terlebih dahulu barang dan jasa yang hendak ia belanjakan melalui web yang dipromosikan oleh penjual.

Kegiatan belanja daring ini merupakan bentuk komunikasi baru yang tidak memerlukan komunikasi tatap muka secara langsung, melainkan dapat dilakukan secara terpisah dari dan ke seluruh dunia melalui media notebook. Komputer ataupun handphone yang tersambung dengan layanan akses Internet.

Belanja daring adalah salah satu bentuk perdagangan elektronik yang di gunakan untuk kegiatan transaksi penjual ke penjual ataupun penjual ke konsumen. Pernah penasaran gak sih kenapa Agen Club388 Indonesia belanja online lebih menarik di bandingkan berbelanja secara offline? Apalagi di masa pandemi begini, jujur deh, pasti kamu semakin impulsif belanja online ‘kan?

approved15feb tokopedia static infographic idntimes 01 108b907d5fcc22616b733f5542f9e73b - Berikut Fakta dan Rahasia Belanja Online yang Terkuak

Nah, ternyata pandemi punya dampak yang besar juga ya terhadap perkembangan e-commerce di Indonesia. Gak cuma platformnya aja lho, tapi juga kamu sebagai konsumen dan para penjual online! (CSC)

Belanja daring pertama kali di lakukan di Inggris pada tahun 1979  oleh  Michael  Aldrich dari Redifon Computers. Ia menyambungkan televisi  berwarna dengan komputer yang mampu memproses transaksi secara  realtime melalui sarana kabel telepon. Sejak tahun 1980, ia menjual sistem belanja daring yang ia temukan di berbagai penjuru Inggris.

Tahun 1980[sunting | sunting sumber]

Keadaan Pada tahun 1980, belanja daring secara luas di gunakan di Inggris dan beberapa negara di daratan Eropa seperti Prancis yang menggunakan fitur belanja daring untuk memasarkan Peugeot, Nissan, dan General Motors.

Pada tahun 1992[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1992, Charles Stack membuat toko buku daring pertamanya yang bernama Book Stacks Unlimited yang berkembang menjadi Books.com yang kemudian di ikuti oleh Jeff Bezos dalam membuat situs web Amazon.com dua tahun kemudian. Selain itu, Pizza Hut juga menggunakan media belanja daring untuk memperkenalkan pembukaan toko pizza daring.

Pada tahun 1994[sunting | sunting sumber]

Keadaan Pada tahun 1994, Netscape memperkenalkan SSL encryption of data transferred online karena di anggap hal yang paling penting dari belanja daring adalah media untuk transaksi daringnya yang aman dan bebas dari pembobolan.

Pada tahun 1996, eBay situs belanja daring lahir dan kemudian berkembang menjadi salah satu situs transaksi daring terbesar hingga saat ini.

Perkembangan belanja daring di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Belanja daring di Indonesia semakin hari semakin menunjukkan perkembangan yang signifikan. Belanja daring, tidak hanya di monopoli oleh belanja barang, namun juga layanan jasa seperti perbankan yang memperkenalkan teknik e-banking. Melalui teknik e-bankin pelanggan dapat melakukan kegiatan seperti transfer uang, membayar tagihan listrik, air, telepon, Internet, pembelian pulsa, pembayaran uang kuliah dan lain sebagainya.

Belanja daring di Indonesia untuk pembelian suatu barang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Mulai dari situs yang menjual handphone, gitar, butik, toko buku, makanan, bahkan hingga ke alat elektronik pun mulai di rambah oleh layanan belanja daring.

Blog[sunting | sunting sumber]

Salah satu media yang menampilkan belanja daring antar lain adalah blog. Blog merupakan layanan web gratis di mana palaku usaha daring menggunakan blog. Sebagai toko daring yang ia punya untuk menjual sekaligus mempromosikan barang. Dan jasa yang ia tawarkan kepada calon konsumen. Karena sifatnya yang mudah di kustomisasi oleh penggunanya. maka belanja daring melalui media blog cukup riskan karena pembeli cukup sulit mengetahui reputasi dari penjual. Biasanya penjual mengunggah bukti bukti transfer. Yang ia miliki sebagai bentuk jaminan kepada pelanggan bahwa ia merupakan penjual tepercaya.

Comments are closed.