Cara untuk Menjadi Beauty Blogger yang Sukses

Cara untuk Menjadi Beauty Blogger yang Sukses

Cara untuk Menjadi Beauty Blogger yang Sukses,Mendapatkan banyak uang, dapat produk make up gratis dan diundang ke berbagai event tersohor. Yah, itulah beberapa alasan yang mendasari mayoritas orang yang ingin menjadi beauty blogger. Dan mungkin, Anda adalah salah satunya? yang telah kita rangkum dalam Cal-graf

yang disupport oleh Login IDN Poker

Kalau memang benar begitu, berarti Anda datang di tempat yang tepat. Sebab, artikel ini memang ditujukan buat siapapun yang membutuhkan tips untuk mengawali profesinya sebagai beauty blogger. 

Tanpa berlarut-larut, yuk langsung simak tips lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Beauty Blogger?

Seperti namanya, beauty blogger adalah pemilik blog yang mempunyai wawasan luas tentang berbagai produk kecantikan (beauty). Mulai dari tren produk, tren kecantikan, tips kecantikan, dan masih banyak lainnya.

Umumnya, kerjaan beauty blogger adalah mengulas produk-produk kecantikan. Baik produk dalam negeri, maupun luar negeri. Sehingga para pengunjung paham plus dan minus produk tersebut sebelum membelinya.

Tips Menjadi Beauty Blogger yang Sukses

Sebelum terjun ke pembahasan soal tips, kami ingatkan lagi nih kalau menjadi beauty blogger itu butuh banyak effort untuk bisa dibilang berhasil. Langkahnya bukan hanya sekedar menulis dan posting saja. Tetapi banyak perbekalan yang harus Anda persiapkan. Apa saja? Langsung simak tipsnya di bawah ini, ya!

1. Ciptakan Nilai Sesuatu yang Unik

Apa yang mendasari seseorang memutuskan untuk membeli pakaian dari brand A, dibanding brand B, brand C, brand D dan seterusnya? Jawabannya adalah style atau keunikan. Ya, dengan menciptakan sesuatu yang unik alias berbeda, suatu brand akan jauh lebih mudah dalam menggaet pembeli.

Begitupun di dunia blogging. Dari sekian banyaknya beauty blogger kenamaan, Anda harus memiliki spesialisasi tersendiri. Mudahnya adalah dengan cara mencari tahu bidang apa yang paling Anda kuasai.

Misalnya kalau Anda suka dengan segala tentang kosmetikAnda bisa membuat konten tutorial make up dengan banyak macam topik. Bisa make up untuk sehari-hari, ke pesta, atau make up dengan style Korea.

Atau kalau Anda merasa memiliki banyak pengetahuan soal rambut, bahaslah konten-konten terkait hal itu. Seperti tentang tips merawat rambut rontok, menebalkan rambut, hair styling dan sebagainya.

Sesekali, boleh saja kok untuk membahas konten lain di luar dari spesialisasi Anda. Tetapi, pastikan untuk tetap fokus ke satu topik besar agar blog Anda bisa memiliki ciri khas.

screenshot lippielust.com 2020.07.04 15 23 24 1 1 1 1024x503 - Cara untuk Menjadi Beauty Blogger yang Sukses

Salah satu contohnya seperti blog Lippielust yang lebih fokus membahas produk-produk makeup untuk bibir.

Dari awal berdiri, blog Lippielust sudah banyak mereview brand-brand lipstik lokal hingga internasional dengan informasi lengkap. Mulai dari swatches warna dan ingredients-nya.  Tetapi meskipun sudah populer sebagai blog khusus produk makeup bibir, Lippielust juga beberapa kali pernah membahas konten seputar skincare dan K-beauty.

2. Tentukan Target Pembaca

Menentukan target pembaca juga tak kalah penting, supaya penentuan topik konten bisa lebih mudah. Misal, target pembaca Anda adalah seorang remaja dengan rentang usia 17-23 tahun. Jadinya, topik Anda bisa membahas tips skin care yang pas untuk remaja atau review produk skin care yang low budget.

Sedangkan, kalau Anda menargetkan wanita dewasa usia 25 tahun ke atas. Topiknya bisa seputar soal skin care anti-aging atau rekomendasi produk skin care dengan biaya yang sedikit lebih tinggi. Tetapi, seimbangkan juga dengan produk-produk drugstore dan high end agar bisa menjangkau semua kalangan.

Selain itu, memikirkan siapa pembaca Anda juga perlu dicocokkan dengan style penulisan, pemilihan tema, dan layout blog. Kalau remaja adalah target Anda, buatlah style penulisan yang ringan dengan gaya bahasa sehari-hari. Lalu, gunakan layout dan tema dengan nuansa girly seperti pink, atau warna-warna ceria.

Sedangkan, kalau Anda menargetkan usia dewasa, sampaikan dengan gaya bahasa yang sederhana, dengan menggunakan pilihan tema dan layout yang simple dan elegan.

screenshot www.hellosasyachi.com 2020.07.04 15 59 46 1 1 1 - Cara untuk Menjadi Beauty Blogger yang Sukses

Contohnya Sasyachi, salah satu beauty blogger yang cenderung menargetkan para wanita remaja pecinta Korea. Sehingga di dalam situsnya, ia banyak membagikan tips make up ala girl band Korea dengan menggunakan produk-produk lokal berkualitas, tapi tetap terjangkau.

3. Bekali dengan Visual yang Menarik

Tulisan memang nomor satu. Tetapi, ada yang tidak kalah penting ketika Anda membuat blog, yaitu visual yang menarik!

screenshot www.alodita.com 2020.07.05 16 40 26 1 1 1 - Cara untuk Menjadi Beauty Blogger yang Sukses

Visual ini bisa berupa foto dan video, tergantung tulisan apa yang Anda buat. Sama dengan tulisan, visual yang Anda pakai juga harus terjamin kualitasnya. Hampir setiap beauty blogger kenamaan tentu memikirkan hal ini.

Contoh Andra Alodita, yang selalu menyajikan foto produk dengan kualitas kontras yang kuat dan highlight yang cerah. Sehingga membuat tampilan produk yang ia review pun akan terlihat berkelas. Sayang kan, kalau tampilan blog Anda sudah bagus-bagus, tapi kualitas gambar masih rendah?

Masalah kualitas, memang jauh lebih baik kalau menggunakan bantuan kamera. Namun, jika budget Anda masih terbatas, sebenarnya menggunakan smartphone pun tidak masalah. Selagi Anda bisa pintar-pintar mengambil angle yang pas, dan mahir memolesnya dengan aplikasi editor.

Banyak sekali aplikasi foto editor yang bisa Anda unduh secara cuma-cuma. Seperti Vscocam, Afterlight, Snapseed dan Adobe Lightroom. Sisanya, Anda tinggal mengasah skill editing dengan mengikuti berbagai tips yang ada di internet atau YouTube.

Comments are closed.