Jalani Ramadan, 5 Tips agar Ibadahmu Bisa Maksimal

Jalani Ramadan, 5 Tips agar Ibadahmu Bisa Maksimal

Jalani Ramadan, 5 Tips agar Ibadahmu Bisa Maksimal

Bulan Ramadan telah tiba, bulan suci penuh Rahmat. Bulan di mana umat muslim melaksanakan ibadah puasa dan sholat terawih. Karena begitu mulianya bulan Ramadan kamu pasti ingin ibadah kali ini bisa jauh lebih maksimal di banding bulan-bulan sebelumnya.

Siapa tahu dengan niat baik untuk memaksimalkan ibadah dapat berjalan konsisten bahkan setelah Ramadan sekalipun. Di lansir dari cal-graf.com, lima tips ini bisa kamu terapkan agar Ramadan kali ini bisa panen pahala dan dapat menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi.

1. Tanamkan niat untuk memperbaiki kualitas ibadah

Di kutip dari IDN Poker APK, sebelum memulai apapun hal pertama yang perlu di lakukan yaitu tanamkan niat yang kuat. Dengan niat yang tulus dan ikhlas, serta memasang target yang harus di penuhi misal dalam sehari membaca berapa juz. Usahakan menjalaninya dengan senang hati maka akan terasa ringan.

2. Memperbanyak sedekah dan perbuatan sunnah

Ramadan hanya terjadi setahun sekali maka umat yang paling beruntung tidak akan mensia-siakan kesempatan meningkatkan kualitas ibadah. Dengan memperbanyak sedekah entah memberi makanan untuk orang yang berbuka puasa, memberi sejumlah uang untuk orang yang membutuhkan. Selain itu tak lupa memperbanyak amalan sunah terawih, dhuha, tahajud maupun membaca Al-Qur’an.

3. Tidak mengulur-ulur melaksanakan ibadah wajib maupun sunah

Hal yang sering di lakukan, yaitu menunda-nunda melakukan kebaikan baik wajib maupun sunah seperti sholat hal ini sungguh tak baik. Karena kebiasaan menunda menjadikan dirimu malas dan hal ini patut untuk di rubah. Usahakan melaksanakan sholat tepat waktu, seandainya menunda harus ada alasan yang mendesak.

4. Menghindari tidur seharian penuh dan ghibah

Tidur pada waktu puasa memang hal baik. Tapi tidur seharian penuh bisa membuat diri malas dan dapat menurunkan produktivitas yang seharusnya bisa kamu lakukan. Sebaiknya di banding tidur seharian lebih baik di isi dengan kegiatan positif seperti membaca Al-Qur’an. Selain hal yang sepatutnya di hindari di waktu puasa, yaitu ghibah atau mengumbar aib orang lain.

5. Rajin bergaul dengan orang saleh

Perilaku teman itu menular, jika kamu rajin bergaul dengan orang baik maka kebiasaan baiknya bisa menular. Maka saat ingin konsisten meningkatkan ibadah bergaul dengan orang yang rajin ibadah menjadi solusinya. Kamu bisa ikut melakukan kajian maupun kegiatan tadarus Al-Qur’an.

Lakukan kegiatan tersebut secara ikhlas dan konsisten. Insyaallah kualitas ibadahmu juga semakin meningkat.

Comments are closed.