Pesona Alam Danau Sentarum Kalimantan Barat

Pesona Alam Danau Sentarum Kalimantan Barat

Pesona Alam Danau Sentarum Kalimantan Barat

Pesona Alam Danau Sentarum Kalimantan Barat – Bertempat di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Danau Sentarum adalah danau unik musiman yang bisa menyusut saat musim kemarau tiba.

Berlokasi di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Danau Sentarum adalah danau unik musiman yang dipenuhi air selama sepuluh bulan di tiap tahunnya, dan akan mengering di dua bulan sisanya.

Saat air Danau Sentarum menyusut,maka danau perlahan membentuk kolam-kolam kecil yang berisi ikan-ikan kecil pula.

Inilah yang membuat Danau Sentarum begitu unik dan memikat hati para pelancongnya yang pergi ke sana.

Anomali Danau Sentarum, Kapuas Hulu

Saat musim penghujan datang, danau bisa tergenang air sampai 6 – 14 meter. Tapi saat kemarau menjelang, panorama kontras akan terjadi, di mana 80 persen wilayah Danau Sentarum akan mengering.

Pada saat inilah, masyarakat dengan mudah memanen ikan-ikan di danau. Uniknya, wisatawan juga menemukan flora dan fauna yang berbeda di tiap anomali Danau Sentarum di tiap musim.

Serupa Rawa Pening di Ambarawa saat kemarau tiba, begitulah danau di Kapuas Hulu ini. Bahkan sampai airnya kering dan berubah menjadi savana. Saat kemarau, danau ini seketika dijadikan sebagai tempat liga olahraga.

Tidak cuma itu saja, saat kemarau para nelayan pun bisa dengan mudah menangkap ikan yang berada di kubangan sisa air.

Rute menuju Danau Sentarum

Untuk Kamu yang akan menyusuri danau ini, kamu perlu memerhatikan waktu dan tenaga yang tersedia. Karena, untuk mengelilingi danau ini tak bisa dilakukan hanya dalam kurun waktu seminggu saja.

Hal ini lantaran luas wilayah danau ini yang cukup besar yaitu lebih dari 1 juta hektare. Sebagian area danau atau sekitar 127 ribu hektare, berada di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum.

Begitu luasnya danau ini, Bupati Kapuas Hulu, Nasir, pun mengatakan seseorang bisa terjebak dan tersesat di danau tersebut.

Sementara bagi Kamu yang hendak menuju ke danau ini, Kamu perlu waktu 14 jam dari Kota Pontianak untuk perjalanan darat dan air dengan rute Pontianak-Sintang-Semitau.

Kemudian, dari Semitau menuju ke lokasi memakai perahu motor jurusan Lanjak, atau bisa pula dengan jalur udara melalui Pontianak-Putussibau sekitar dua jam dan dari Putussibau ke Nanga Suhaid dengan longboat sekitar tujuh jam.

Comments are closed.