Rekomendasi Tempat Wisata di Pekalongan

Rekomendasi Tempat Wisata di Pekalongan

Rekomendasi Tempat Wisata di Pekalongan

Rekomendasi Tempat Wisata di Pekalongan – Tempat wisata Pekalongan tidak kalah mempesona dengan daerah lain di Indonesia. Pekalongan memiliki wisata laut, taman, gunung, air terjun, hingga museum Batik. Semuanya itu bisa diekplorasi untuk menambah wawasan sekaligus melepaskan stres dari rutinitas.

Kabupaten Pekalongan terletak di jalur Pantura yang menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya. Pekalongan berjarak 101 km sebelah barat Semarang, atau 384 km sebelah timur Jakarta. Pekalongan dikenal dengan julukan kota batik.

Pekalongan memiliki corak Batik yang khas dan variatif. Kota Pekalongan masuk jaringan kota kreatif UNESCO dalam kategori crafts & folk art pada Desember 2014 dan memiliki city branding World’s city of Batik.

Pekalongan yang berada di Jawa Tengah dikenal memiliki kekayaan batik yang cantik. Tak hanya soal batik, ternyata Pekalongan juga punya banyak tempat wisata yang indah. Ada terjun, puncak, telaga, hingga museum.

Black Canyon

Sungai yang dikelilingi tebing berwarna serba hitam ini menjadi wisata menarik. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan saat mengunjunginya.

Kamu bisa berenang atau rafting di sungai ini. Untuk mendapatkan paket lengkap, biayanya dibanderol Rp75 ribu.

Lokasi: Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah

Jam operasional: 09.15-16.00 WIB

Harga: Rp75 ribu per paket

Telaga Mangunan

Saat mengunjungi telaga ini, udara dingin langsung menyapamu. Lokasinya berada di ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut.

Tak hanya udara sejuk yang bikin betah, kamu juga bisa bermain-main naik perahu. Biaya naik perahunya murah banget, cuma Rp5.000.

Lokasi: Desa Tlogohendro, Kecamatan Petungkriono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah

Jam operasional: 08.00-17.00 WIB

Harga: Rp8.000

Museum Bahari

Buat kamu yang terlalu jauh mengunjungi Sea World di Jakarta Utara, datanglah ke sini. Meski ukurannya tak terlalu besar, tapi kamu bisa menikmati keindahan biota laut. Ada beragam jenis ikan yang bisa kamu lihat, seperti belut laut, lele albino, piranha, hingga aligator.

Lokasi: Jalan W.R. Supratman, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Pekalongan, Jawa Tengah

Jam operasional: 07.00-20.00 WIB

Harga: Rp2.250-6.000

Pantai Wonokerto

Pantai ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Sembari menunggu matahari terbenam, kamu bisa berteduh di tepian pantai.

Tak perlu takut dengan teriknya matahari. Sebab, banyak pepohonan cemara di tepi pantai yang bikin udaranya lebih sejuk.

Lokasi: Desa Wonokerto Kulon, Wonokerto, Pekalongan, Jawa Tengah

Jam operasional: 06.00-17.30 WIB

Harga: Rp3.000-5.000

Curug Tirta Muncar

Curug Tirta Muncar punya keindahan yang masih sangat alami. Tak banyak wisatawan yang mengetahui tempat wisata ini.

Pasalnya, akses menuju ke sini cukup sulit dengan medan curam dan licin. Padahal, saat sampai di tempat tersebut, keindahan dan segarnya air terjun akan langsung menyambutmu.

Lokasi: Desa Curugmuncar, Kecamatan Petungkriono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah

Jam operasional: 24 jam

Harga: Rp5.000

Comments are closed.